Juara 1 Lomba WBS, SMA Negeri 1 Baubau Wakili Sultra ke tingkat Nasional

Journalist.sman1baubau.sch.id-SMA Negeri 1 Baubau kembali mengukir prestasi melalui lomba “Wajah Bahasa Sekolah” tingkat Sulawesi Tenggara. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menetapkan SMAN 1 Baubau sebagai peringkat I sekaligus mewakili Sultra ke Tingkat Nasional. Kabar tersebut diterima Kepala SMAN 1 Baubau, Muhammad Radi,S.Pd,M.M.Pd Via WhatsApp, Minggu, (24/06/2021).

Muhammad Radi mengatakan Prestasi ini sangat membanggakan, pasalnya, Meski di tengah pandemi Covid-19, SMA Negeri 1 Baubau terus menambah deretan prestasinya di tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

Perjuangan para Guru dan siswa SMAN 1 Baubau dalam meraih prestasi ini dimulai sejak April lalu. Mereka saling bahu membahu membuat objek foto bahasa wajah sekolah sesuai dengan pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia.

 “Guru dan Siswa dengan teliti menata tulisan di Lingkungan sekolah seperti Tulisan papan nama sekolah, Gedung, Kelas, dan tulisan arti hadist yang tertempel di berbagai tembok sekolah hingga masjid” ungkap Radi

Penilaian kegiatan Lomba berdasarkan pada kondisi fisik kebahasaan, kaidah kebahasaan, dan tipografi kebahasaan, serta hasil verifikasi faktual penggunaan bahasa negara di ruang publik sekolah.

“Untuk memenuhi criteria penilaian lomba SMA Negeri 1 Baubau mengirim sejumlah foto dan video tulisan di Ruang Publik yang menggunakan Bahasa Indonesia, selanjutnya Pihak Penyelenggara melakukan verifikasi langsung di sekolah” Paparnya.

Sehari pasca Penetapan Juara, SMA Negeri 1 Baubau gencar mempersiapkan diri, Beberapa item yang belum dipenuhi segera dilakukan pembenahan, hal itu guna menghadapi penilaian tingkat nasional yang bakal digelar agustus mendatang.

 “Pembenahan dilakukan secara detail mulai dari pengejaan kata, spasi, pemilihan kata, hingga penempatan titik dan koma” Kata Radi

Radi menegaskan Peringkat 1 tingkat Provinsi tak lantas membuat pihaknya  berpuas diri. Prestasi itu kian menambah semangat untuk menjadikan SMA Negeri 1 Baubau sebagai Sekolah  Duta Bahasa dan percontohan dalam pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Setelah Momentum ini kami bakal membuat program unggulan sekolah yakni utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan kuasai Bahasa Asing,” Pungkas Radi. (js)

__Terbit pada
25 Juli 2021
__Kategori
Block

Penulis: Journalist Smansa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *