Duta Genre Sultra : Sosialisasi PIK-R menjawab Problem Remaja

journalist.sman1baubau.sch.id– 18 Siswa-siswi SMA Negeri 1 Baubau mengikuti Sosialisasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di Gedung Laelangi, Jum’at (30/4/2021). Kegiatan itu adalah Program Duta Generasi remaja (GenRe) Sulawesi Tenggara dan Kota Baubau tahun 2021.

Duta Genre Sulawesi Tenggara Muhammad Rida Hidayat mengatakan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda harus terus-menerus digalakkan, dengan adanya Program Genre akan mendidik para remaja agar menghindari pernikahan dini, seks pra nikah dan penyalahgunaan napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditif).

“Sosialisasi Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dapat menjawab problem remaja saat ini. Implementasinya melalui pencanangan Program Genre, hal ini akan memberi pemahaman kepada remaja tentang kedewasaan dan perilaku positif,” kata Hidayat kepada journalist.sman1baubau.sch.id.

Hidayat  menambahkan, dalam sosialisasi  secara ringkas membahas tentang modul – modul duta genre seperti Triad Krr, 8 fungsi keluarga, Genre, PIK-R, dan Pendewasaan Usia Perkawinan.

“penyampaian materi sosialisasi lebih difokuskan pada 3 subtansi yakni Fungsi Keluarga, PIK-R dan Pendewasaan Usia Perkawinan, sebab hal itu yang banyak terjadi pada remaja saat ini” tambahnya

Sosialisasi PIK-R diadakan secara bertahap ke seluruh sekolah se-Sulawesi tenggara, sebagai Duta Genre Sultra, Hidayat berharap tak henti-hentinya akan selalu menyebarkan program genre kepada semua remaja.

“sebagai fasilitator provinsi Sulawesi tenggara, kami akan keliling seluruh sekolah se-sultra untuk menyebarkan virus-virus genre ini” pungkasnya.

Selama sosialisasi berlangsung seluruh peserta menerapkan protocol kesehatan yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. (js)

__Terbit pada
30 April 2021
__Kategori
Block

Penulis: Journalist Smansa